ASSALAMUALAIKUM . CHOOSE AND READ YOUR STUFF BELOW HERE :) ENJOY IT !

Saturday, February 16, 2008

The Most Beautiful Temple in the World...!!


CANDI PRAMBANAN yang dibangun sekitar abad kesembilan Masehi itu terletak di Desa Prambanan yang wilayahnya dibagi antara Kabupaten Sleman, DIY dan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (Jateng).

Candi yang terletak sekitar 20 km timur Yogyakarta itu dikenal dengan nama Candi Prambanan, tetapi juga biasa disebut Candi Rara Jonggrang, sebuah nama yang diambil dari legenda Rara Jonggrang dan Bandung Bondowoso.

Menurut Direktur Utama PT Taman Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko Drs Wagiman, Candi Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Asia Tenggara, tinggi bangunan utama mencapai 47 meter. Kompleks candi terdiri atas delapan kuil atau candi utama dan lebih dari 250 candi kecil.

"Prambanan merupakan candi Hindu terindah di dunia. Candi Prambanan adalah bangunan luar biasa indah yang dibangun pada masa pemerintahan dua raja, yakni Rakai Pikatan dan Rakai Balitung Maha Sambu," katanya.

Menjulang setinggi 47 meter atau lima meter lebih tinggi dari Candi Borobudur, berdirinya candi itu telah memenuhi keinginan pembuatnya, yakni menunjukkan kejayaan Hindu di tanah Jawa. Luas kompleks candi itu mencapai 39,8 hektar.

halaman utama terdapat tiga candi utama, tiga Candi Wahana, dua Candi Apit, dan delapan Candi Patok yang dibatasi oleh pagar keliling, sedangkan di halaman kedua terdapat 224 Candi Perwara. Di tengah area juga telah dibangun taman indah, sehingga menjadikan Candi Prambanan sebagai salah satu obyek wisata budaya yang menarik untuk dikunjungi.

0 Comments:

Post a Comment

 
Powered by Blogger