ASSALAMUALAIKUM . CHOOSE AND READ YOUR STUFF BELOW HERE :) ENJOY IT !

Sunday, April 27, 2008

Novel : [ Drop Out ] By : Arry Risaf Arisandi

Novel komedi cinta ini mengukuhkan suatu pernyataan bahwa fakta lebih mudah menjadi inspirasi untuk menulis cerita, kendati isi DO tidak seluruhnya kisah nyata menurut Arry sendiri.
Saya lega karena label komedi cinta tidak sepenuhnya benar, setelah membaca beberapa bab DO. Lebih tepat disebut komedi anak kampus. Arry merangkaikan kehidupan anak kos, mahasiswa abadi, dan unsur cinta anak muda untuk mengajak pembaca menertawakan suatu fenomena mengerikan bernama ancaman keluar dengan tidak hormat dari institusi kampus.
DO benar-benar obat stres saya, yang alhamdulillah melancarkan proses kerja sebuah proyek yang telah rampung sebelum deadline tiba. Sekali-kali saya bergurau, “Jangan belajar dari Jemi dong!” kalau keponakan dan suami melontarkan ucapan ngawur. Banyak kalimat lain yang kerap disisipkan karena begitu kuat menghuni ingatan saya. Misalnya “This is a book, artinya ini ibu Michael” dan “jangan main-main sama mahasiswa semester tiga belas” yang mengingatkan saya pada jaman bertelur sampai lumutan di kampus dulu. Arry juga sukses menyindir saya dengan karakter ibunya yang hobi nangis-nangis sambil nonton film Korea. Secara cerdas, ia mengemukakan bahwa faktor lingkungan amat berpengaruh pada kemajuan studi seseorang. Jemi tak juga lulus karena penghuni rumah kosnya memiliki intelektual mengkhawatirkan. Mereka lebih peduli pada berita Tamara bercerai daripada inflasi. Di sini terungkap dampak negatif infotainment, bahkan pada anak muda yang lelaki sekalipun.
DO mendapat tempat istimewa di hati saya karena komedinya berjenis satir. Saya menemukan kalimat yang memaparkan bahwa orangtua Jemi menghendaki anaknya jadi pegawai negeri, dan akan menangis bila ia jadi pengusaha. Sentilan disampaikan Arry melalui ucapan Dayat, “Mahasiswa yang IPKnya 3 jadi dosen, yang IPK 2 jadi pegawai, yang DO jadi pengusaha karena nggak laku di mana-mana!”

0 Comments:

Post a Comment

 
Powered by Blogger